PLN Siap Beli Listrik dari PLTU Buatan Malaysia di Serang

10 Jul 2012

Jakarta - PT Lestari Banten Energi anak usaha perusahaan Malaysia Genting Berhad berencana untuk membangun PLTU di Serang, Banten. Nantinya, PT PLN (Persero) akan membeli listrik secara langsung dari PLTU yang akan menghasilkan daya listrik hingga 660 MW ini. 

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Power Purchase Agreement antara PLN dengan PT LBE. Direktur PLN, Nur Pamudji mengatakan apabila PLTU Banten ini selesai, energinya bisa memasok kebutuhan listrik Jawa-Bali sebesar 4380 GWH per tahun.


"Ini salah satu upaya meningkatkan kapasitas pasokan listrik, utamanya kelistrikan Jawa-Bali," ungkap Nur Pamudji saat ditemui di Kantor PLN Pusat, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Selasa (9/7/12).

Nur mengungkapkan, PLTU yang menghabiskan investasi senilai US$ 1 miliar ini akan rampung terhitung 57 bulan sejak ditandatangani perjanjian PPA yaitu hari ini. Dengan kata lain, PLN dapat menambah kapasitas listrik Jawa Bali pada tahun 2017 nanti.

"Proyeknya ini akan selesai 2017 nanti, makin cepat selesai makin bagus," tambahnya.

Untuk harga yang disepakati dalam perjanjian ini, PLN harus membayar 5,999 cUS$/kwh selama 25 tahun masa kontrak. Setelah itu, pembangkit ini nantinya akan sepenuhnya milik PLN.


"Harganya 5,99 sen dollar per kwh pada asumsi harga batubara 58 dollar per ton. Ini harga yang cukup bagus," tambahnya.


Seperti diketahui, PT Lestari Banten Energi adalah Perusahaan Modal Asing (PMA) yang didirikan oleh Lestari Listrik Pte Ltd, yang merupakan anak usaha dari Genting Berhad, dari Malaysia.


Sumber : finance.detik.com
Share this article :
 
Support : energipembangkit.blogspot.com
Copyright © 2011. ENERGI PEMBANGKIT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger