PASOKAN LISTRIK: PLN Targetkan Tambahan 182,3 MW Dari Pembangkit Kecil Di KTI

14 Feb 2013


JAKARTA: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menargetkan mendapatkan tambahan pasokan listrik sebesar 182,3 megawatt (MW) hingga akhir 2013 dari sejumlah pembangkit skala kecil yang dibangun di kawasan timur Indonesia.

Direktur Konstruksi PLN Nasri Sebayang mengatakan tambahan listrik 182,3 MW itu berasal dari 12 pembangkit yang dikerjakan perseroan, yakni PLTU Kota Baru, PLTU Lombok, PLTU Rote, PLTU Kendari 3 Ext, PLTG Kaltim Peaking, PLTM Santong, PLTP Ndungga, PLTM Praffi, PLTM Budong-Budong, PLTM Rongi, PLTA Genyem, dan PLTP Ulumbu ADB.

“Tambahan listrik itu di luar program percepatan (fast track program/FTP) 10.000 MW tahap 1. Jadi itu berasal dari pembangkit skala kecil yang memang menjadi program regular PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi,” ungkapnya, Kamis (14/2).

Nasri mengungkapkan selain tambahan listrik untuk wilayah Indonesia bagian timur, PLN juga menargetkan mendapat tambahan listrik sebanyak 54 MW di wilayah Indonesia bagian barat tahun ini. Tambahan listrik itu berasal dari PLTGU Keramasan, dan PLTU Sanggau yang diperkirakan selesai Maret 2013 ini.

Selain itu, Nasri menjelaskan pada 2014 akan ada tambahan listrik sebesar 195 MW di wilayah Indonesia bagian timur dari 16 pembangkit yang saat ini telah masuk tahap konstruksi. Di Indonesia bagian barat direncanakan ada tambahan listrik sebesar 89 MW dari lima pembangkit yang juga sudah mulai masuk tahapan konstruksi.

Wilayah Indonesia bagian timur seperti Papua, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) memang menjadi wilayah yang memiliki rasio elektrifikasi yang rendah dibandingkan dengan wilayah lain di Tanah Air. (bas)

Sumber : Bisnis.com

Share this article :
 
Support : energipembangkit.blogspot.com
Copyright © 2011. ENERGI PEMBANGKIT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger